MUSLIM CAMP 2016 - intro

Bismillah.

Assalamu'alaikum untuk seluruh umat muslim di dunia ini ^-^ Hari ini akhirnya saya berkesempatan menulis setelah hampir seharian pacaran sama kasur /ksip/.

Jadi ya ... gue pengen banget cerita soal Muslim Camp or selanjutnya bakalan gue sebut MCamp 2016. Sebelumnya, gue mau jelasin kalau Muslim Camp ini tuh, diadain sama ITSAR. ITSAR sendiri merupakan apa ya ... hmmm yang gue dapet selama 4 tahun jadi anggota ITSAR itu ya ... ITSAR adalah organisasi, isinya gabungan ekstrakurikuler rohis yang ada di Bandung. Buat sekarang sendiri, anggotanya baru ada SMP 1, 2, 5, 8, 11, 13, 34, 44 #cmiiw. Gue sendiri yang sekarang udah SMA, merupakan alumni SMP 8 Bandung. Dan kayaknya udah tradisi kalo anak SMA kelas 10 jadi panitia acara MCamp maupun LKO (Latihan Kepemimpinan Organisasi).

JADI YA ... GUE JADI PANITIA NYA TAHUN INI.

Hebring nya lagi, tahun ini MCamp nya digabung dengan LKO. Jadi angkatan gue langsung ngadain 2 acara sekaligus, sama kayak angkatan teteh mentor gue dulu waktu gue masih kelas 7.

Gue sendiri ngerasain angkatan gue telat banget nyiapin MCamp. Yang gue rasain sih, kita baru bener-bener 'serius' nyiapin setelah UAS selesai (lo bayangin kita mulai edan pas sekitar H-15). MCamp itu bukan acara main-main. Lo harus nyewa tempat kemping, nyewa tenda, siapin acara ini-itu, nyari dana edan-edanan karena MCamp itu, kalau kata sesepuh, merupakan kemping dengan iuran paling gak logis. Buat 3 hari 2 malam, kita cuma bayar 125 ribu. Itu 2016. Dulu, 2013, pas gue masih jadi peserta yang lucu-lucu gimana gitu, MCamp cuma bayar 50 ribu. Yap, tetep 3 hari 2 malam.

coba lu cari kemping 50 ribu 3 hari 2 malam.

Insya Allah, yang kau temukan hanya MCamp yang diselenggarain sama ITSAR ini :vv

Berhubung tahun ini gue gak jadi peserta, jadi gue bakalan nulis cerita ini dari sudut pandang panitia. Buat seluruh peserta yang mungkin kebetulan baca ini, kalian semua harus tau betapa ripuhnya jadi panitia. Sampe rasanya tuh kangen jadi peserta lagi. Dimana ketika H-1, yang lo urusin cuma barang-barang yang dibawa, dan biodata peserta lain yang jumlahnya se-abrek.

Oke, gue mulai beneran, nih.


Jadi ... gue gak tau waktu itu tanggal berapa dan bulan apa lol. Waktu itu ada rapat di salman ITB. Waktu itu yang dateng banyak. Para sesepuh pun alhamdulillah lumayan banyak (dibandingkan rapat-rapat lainnya). Waktu itu, Kang Yahdi nyalain proyektor mini dan ngebahas soal Rohis Competition 2016 sebelum akhirnya lanjut ke rapat MCamp.

Waktu itu sendiri, sebenernya gue kecewa sama pemilihan ketua. Bukan karena gue gak suka Maher jadi ketua, tapi lebih karena kita belum mikir bahwa atasan kita tuh, bisa jadi segalanya. Waktu itu ikhwan pada gak mau jadi ketua. Akhirnya ditunjuk ngacak (PLZ YA LO BAYANGIN KALO INDONESIA PRESIDEN NUNJUK NGAJAK TRUS YG DAPET DIJAH YELLOW LIKE HELLOOOWWW) dan terpilihlah Maher. 

Dan gue ngerasa bego pas pemilihan ketua udah berakhir.

Habis itu, kita rapat perdana. Kita tentuin siapa aja yang mau masuk divisi. Trus ketuanya. Gue sendiri masuk divisi acara, padahal dulu ketika jadi peserta LKO, gue demen banget masuk divisi pubdok (publikasi+dokumentasi) sementara kalau ikutan acara gue demen banget jadi divisi logistik, karena gue pikir logistik butuh banyak orang. Tapi akhirnya gue berubah mindset. Gue pikir, divisi acara lebih butuh orang. Karena mereka semua itu planner dan sebagai orang perfeksionis abal-abal, gue pengen banget acara nya kesusun rapi aja gitu semuanya. Ketua divisi acara sendiri, akhirnya ditunjuklah Akmal.

Setelah itu, gue lupa habis itu kita ngomongin apa lagi di salman ITB.

lol.

---

Berlanjut ke rapat kedua. Waktu itu sedih banget. Akhwat nya gue doang. Waktu itu kita mulai masukin orang-orang ke divisi yang masih kosong dan kurang orang. Trus juga mulai ditunjuk wakil ketua, berhubung Maher sibuk banget (secara, anak akselerasi SMA 3 Bandung HELLOWWW), juga sekretaris dan bendahara. Gue sendiri ditunjuk jadi sekretaris, sementara Dina dan Ramdhani jadi bendahara.

Omong-omong, itu pertama kalinya gue ketemu Ramdhani, cowok paling lucu yang pernah gue liat. Bukan karena suka ngelawak, tapi ya ... emang lucu aja. Ramdhani juga bikin gue amazed sekaligus malu karena catatan hasil rapatnya lebih banyak daripada gue (secara, gue kan sekretaris. malu, dong. secara lagi, gue kan cewek. sementara dia cowok. malu, dong).

Waktu itu kita tunjuk paksa orang-orang buat masuk divisi dengan moto, 

yang gak dateng jangan protes -nadhif


 Waktu itu, gue juga lupa lagi apa aja yang dibahas. Intinya si, ngisi anggota divisi dan ngebahas sedikit soal konsep MCamp+LKO tahun ini.

---

Gue sebenernya lupa udah rapat berapa kali. Gue cuma inget rapat terakhir, lagi-lagi di salman ITB. Rapat terakhir ini, sesepuh kembali datang. Oiya, gue lupa infoin. Rapat kedua yang datang bisa dihitung jari.

Waktu itu ada BANYAK hal yang belum didiskusiin. Jadi kita coba diskusiin semuanya. Gue juga minta revisi proposal ke orang-orang. Kita jeda rapat pas adzan dzuhur berkumandang. Singkat cerita, habis dzuhur, gue tidur di mesjid saking ngantuknya. Pas gue kembali ke tempat rapat, ternyata udah pada ngumpul. Gue kira bakal pada ngaret semua.

Waktu itu gue udah ngantuk banget. Udah gak fokus lagi sama rapat. Dan kalau udah kayak gitu, gue biasanya badmood parah. Bete se-bete bete nya manusia yang ada di muka bumi ini /gakdeng, hiperbola gue mah/. Tapi ya ... kalau kata adik kelas gue, ini lah saatnya ketika muka judes yang selalu emak omelin terlihat. Pas itu, gue cuma duduk di deket meja panjang yang biasa disediain di salman. Gue pengen banget tidur, tapi gak enak. Tapi kalo gue ikut rapat, pikiran gue udah gak mau ngurusin lagi.

Beres rapat, ikhwan pergi entah kemana, sementara gue, Teh Mulki, dan Dina jajan :v. Gue beli cilor (aci+telor, fix gue gatau kenapa orang Indo kreatif begini) dan sebuah minuman yang beda jauh sama foto yang terpampang di depan gerobak si Emang.

Setelah selesai jajan, kita bertiga jalan ke tempat parkir mobil Teh Mulki dan melihat 3 ikhwan yang tengah duduk kelaparan :v Mereka ternyata nunggu daritadi, dan gak tau kalau kita bakal jajan. Dengan watadosnya, sepanjang jalan gue sedot minuman gue dan disuarain dengan sengaja demi liat muka watir bin kasian milik Nadhif :vvvvvvvv

But saat itu gue masih dalam keadaan badmood pula, jadi gue sempet tidur sebentar. Tidur gue gak nyenyak karena orang-orang di mobil pada ketawa denger cerita Kang Fadli. Tapi gak apa-apa, sih. Toh, gue juga suka ketawa.

---

Nah, kalau yang ini bukan rapat, tapi cuma kayak diskusi. Jadi, Dina ini sedang mengalami masa krisis, wkwk. Dia sama orang tuanya gak dibolehin pergi dengan seenaknya. Dia cuma dikasih kesempatan 6 kali pergi dalam satu bulan. Dan karena dia cuma punya jatah 4 lagi (satu untuk dipakai H-1, 3 lagi untuk MCamp), serta gue juga belom beres bikin naskah untuk MCamp, akhirnya gue dateng ke rumahnya.

Dulu, gue sempet nganterin dia pulang sekolah gitu. Cuma waktu itu, rumahnya kelewat. Jadi aja, gue gak tau rumah Dina sebenernya ada dimana. Waktu itu, doi share location di LINE. Di sana tertulis, nomor 180B. Dan sekalipun ingetan gue gak bagus-bagus amat, tapi gue inget banget, rumahnya tuh deket sawah gitu seberangnya.

Sejujurnya, waktu itu gue masih dilema harus ke rumah Dina apa enggak. Karena duit waktu itu lagi krisis banget dan gue belom bayar MCamp. Jadi gue pengennya ada yang anter gitu, lho, ke sana. Ternyata eh ternyata, kakak gue mau pergi. Itu tuh, sekitar jam 9.15 kakak gue bilangnya. Trus gue langsung teriak gitu kan, ya, "KAKAAAAAAAAAK! IKUTTTT! AKU JUGA MAU PERGIIII. ANTERIIIN ...."

Trus kakak gue kaget gitu kan, ya. "Aku pergi nya mau sekarang," dia bilang. Tapi gue tetep maksa minta dianterin. Akhirnya dia bilang, dia tunggu sampe jam 9.30 dan gue harus udah siap dari ujung kerudung sampe ujung kaus kaki. Di situ, gue langsung capcus mandi.

Sekitar 9.20, gue udah beres mandi dan mulai nyiapin barang-barang ketika kakak gue masuk dan ngomong, "Ca ... 10 menit lagi, ya ..." sebelum akhirnya dia notice kalau gue udah siap.

"IH EDUN. Cewek macam apa udah beres mandi lagi?"

Actually, ini kisah gak penting-penting amat. Gue cuma mau sombong aja sama keahlian mandi 5 menit gue meh. AHAHAHAHAHA.

Trus habis gitu, akhirnya kita jadi pergi. Kakak gue anterin sampe akhirnya gue nemu rumah nomor 180B. Warnanya hijau. Dan seberangnya sawah. Sebenernya gue rada ragu waktu itu. Soalnya setau gue rumah Dina itu warnanya coklat.

"Yakin ini rumahnya?" tanya Kakak gue.

Gue ngangguk, kan. Soalnya gue inget banget rumahnya tuh, depannya ada sawah. Trus akhirnya kakak gue pergi, kan. Gue salam sambil bilang punteun (permisi dalam bahasa Sunda). Trus tiba-tiba yang keluar bapak-bapak. Gue lupa botak apa enggak. Intinya, gue langsung ada firasat gak enak; ini bukan rumahnya Dina.

Dan bener aja. Ternyata itu bukan rumah Dina. Untung banget ya, gue orangnya gak tau malu, jadi gue nyengir dan minta si Bapak buat nunjukkin jalan yang benar /wazek/.

Ternyata, di sepanjang jalan itu, ada 2 rumah yang nomor 180. 180 yang lain masih sekitar 300m kata bapaknya. Jadi akhirnya, gue jalan lagi setelah bilang terima kasih. Di situ gue rasanya ngenes banget dan pengen kakak gue balik. Meski jalan dari SMA gue ke Alun-Alun Bandung lebih jauh, tapi jalan 300m sendirian sambil nyariin alamat merupakan hal terngenes yang gue alami di 2k16.

Pas gue sampe, rumahnya coklat.Tapi gue masih rada ragu karena gue yakin banget rumah Dina itu seberangnya sawah. Gue nungguin lama. Ngucapin salam berkali-kali, sampai akhirnya ada ibu-ibu gak pake kerudung keluar.

Di situ gue langsung firasat buruk lagi. Setau gue, Dina itu keluarga alim, aamiin. Bahkan supirnya sekali pun terlihat alim. Yaudala.

Firasat gue bener lagi. Itu bukan rumah Dina. Gue minta Ibunya nunjukkin. Gue tanya-tanya Dina meski rada slow respond di LINE, gak tau lah dia lagi ngapain. Trus akhirnya gue minta Dina jemput gue aja di kecamatan. Akhirnya gue jalan ke kecamatan. Cuma karena panas, gue akhirnya nunggu di depan KUA. Buset ya, berasa kayak calon pengantin aja.

Trus pas gue lagi moto KUA, siapa tau Dina jarang keliling komplek dan gak tau keberadaan KUA, tiba-tiba Dina datang dengan membawa sepedanya yang tinggi (kalo gue naik, kaki gue gak nyampe intinya). Sebelum ke rumah Dina, kita jajan dulu gitu, kan. Trus Dina akhirnya bilang, ternyata alamatnya tidak akurat yang dia kirim itu. Tapi bro, kenyataannya, itu bukan tidak akurat.

itu salah.

Harusnya nomor 178.

Dan rumah itu ada persis

sekali lagi,

persis

di samping rumah 180B warna hijau.



TRUS GUE JALAN 300M NGAPAIN YA ALLAH

Udah lah, skip. Akhirnya kita sampe di rumah Dina. Kita langsung masuk ke kamar Dina dan gue langsung amazed gitu kan, ya. Jadi akhir-akhir ini, gue suka banget liatin video design interior di youtube dan itu cute parah semuanya. DAN ... KAMAR DINA ITU MIRIP-MIRIP KAYAK GITU.

I MEAN, RANJANGNYA.

DAN LEMARI NYA.


FIX IRI.

Jadi, kasur Dina itu ada di atas, deket sama atap rumah. Kalau mau ke kasur, lo harus naik tangga dulu. Nah, tangga nya itu tuh, kayak laci-laci tempat nyimpen barang. Trus di bawah tangga tuh, gak kosong. Ada juga lemari buat nyimpen barang-barang dan itu cute parah. Pas gue coba naik ke kasur, ternyata di deket kasurnya ada rak buku kecil. Isinya beberapa novel sama komik.

Dari situ, gue langsung pengen bikin kamar yang kek begitu juga.

Yasudah, skip.

Nah, habis itu, gue duduk bareng Dina. Gue bawa print-an berisi rundown acara dan kita bahas satu per satu. Gue lupa itu H-berapa sebelum MCamp, yang pasti deket banget. Gue beneran pengen mastiin segala sesuatunya diatur dengan baik. Jadi gue buka-buka rundown, nanyain sistem, penanggung jawab setiap acara, dan masih banyak lagi. Habis gitu, gue share ke grup. Nanyain ada yang punya ini, itu, dll.

Sampai akhirnya, gue beneran gak nyangka tau-tau udah jam setengah 5 sore. Emak gue udah nelepon dan bilang jangan pulang sore-sore. Akhirnya, gue pamit pulang dengan hati yang masih gak tenang. Berasa belum siap MCamp tau, gak?

Gue akhirnya naik ojek, minta diseberangin karena gue masih takut nyebrang sendiri, naik angkot, hingga akhirnya naik ojek lagi. Gue sampe rumah, trus lupa ngapain lagi lol.

dan satu hal lagi, kita lupa bahas naskah pada akhirnya.

---

Sebelum MCamp dimulai, H-1 nya ada rencana buat survey terakhir. Dan lagi, akhwat itu bakalan tidur di saung yang kebuka. Kalo gue mikirin itu sekarang ya, kebayang kali ya, peserta MCamp masuk angin semua lol. Makanya kita bakal ngukur saung buat beli kain.

Waktu itu, gue naik mobilnya Teh Mulki bareng Dina, Khae, dan Dzakira. Sebenernya gue gak enak banget karena udah sering numpang mobilnya Teh Mulki. Nguras tenaga Teh Mul iya, nguras bensin juga iya. Semoga seluruh uang untuk bensin dan tenaga untuk nyetir diganti dengan kebaikan yang berkali lipat ya, Teh Mulki <3

Selain kita berlima, ada juga 4 ikhwan (laki-laki) yang bakalan ikut. Di antaranya adalah Nadhif, Akmal, Azka, dan juga Kang Yusri. Awalnya Akmal mau bareng ikut sama kita para ciwi-ciwi. Tapi karena kita lupa kasih tau Akmal buat siap-siap, akhirnya Akmal ketinggalan /lol/ dan kita suruh Akmal buat ikut motor Kang Yusri aja.

Setelah perjalanan entah berapa lama, akhirnya kita sampai di Cantigi, tempat MCamp 2016 ini (gue lupa udah ngasih tau apa belom di atas wkz). Kita bilang mau survey, jadi gak bayar (YAIY). Trus di sana tuh ya, BANYAK banget anak kecil beserta ibu-ibunya yang lagi ada acara. Bapak pengurus Cantigi nunjukkin saung mana aja yang bisa kita pake. Trus si Bapak pamit dan kita jalan-jalan sendirian sampe akhirnya duduk karena capek.

Kita diem, diskusiin beberapa hal sambil nunggu para ikhwan datang. Trus gak berapa lama, dateng gerombolan anak TK dan akhirnya kita harus pindah posisi. Aku, Dina, dan Teh Mul duduk di bawah pohon sementara Khae dan Dzakira pergi berdua mengitari Cantigi.

Akhirnya, samar-samar keliatan para ikhwan yang sudah mulai datang.

"Si Yusri pasti kaget liat tempatnya," gumam Teh Mul.

"Kenapa emang, Teh?"

"Rame gini."

Tapi ternyata, entah gak ditunjukkan atau bagaimana, Kang Yusri mukanya flat aja kayak muka biasa pas lagi nge-eval wkz. Trus Teh Mul dan Kang Yusri berbincang banyak hal sementara gue menyombongkan rencana gue ke salon selesai survey (AHAHAHAHAHAHAHA).

Sedikit info, seumur-umur gue cuma pernah ke salon 3x termasuk setelah survey itu. Jadi momen ke salon adalah hal yang menurut gue patut dibanggakan.

Trus Teh Mul menyuruh kita untuk diem karena berisik. Sori ya, Teh Mul. Maaf aku malah membuyarkan konsentrasi orang-orang. Setelah itu, kita ber-9 ngebahas rundown bareng-bareng. Tapi akhirnya cuma sampai hari pertama karena dzuhur udah keburu dateng /wkz/. Akhirnya Kang Yusri bilang nanti aja di 2 briefing lagi, dan kita pun ke mushola buat shalat.

Singkat cerita, para ikhwan pulang duluan dengan motor masing-masing. Sementara ciwi-ciwi pulang belakangan. Kita sempet belanja dulu di Borma buat keperluan MCamp. Gue sendiri beli banyak snack tanpa perhitungan sebelumnya.

Teh Mul pulang duluan akhirnya, sebelum Dina, Khae, Dzakira, dan gue pulang naik angkot bareng-bareng. Dina turun di depan belokan menuju rumahnya, Khae dan Dzakira turun di mesjid agung, sementara gue turun di Sukup Baru buat nyalon.


AHAHAHAHAHAHAHAHAHA.



---

yauda si, segitu doang. Ini baru awal-awal. Nantikan postingan MUSLIM CAMP 2016 - D1 yaw ;0

see ya! Wassalamu'alaikum.

Komentar

Postingan Populer