Ayahku (Bukan) Pembohong

Buku yang cukup bikin saya terharu. Jadi, ceritanya tuh tentang seorang anak bernama Dam yang sering banget diceritain kisah sama bapaknya.
Kisah-kisahnya emang banyak pesan moralnya. Tapi, terkadang emang kurang masuk akal juga untuk yang baru dengar.

Kayak waktu Dam ngeidolain salah satu pemain bola yang julukannya El capitano El prince. Itu saya sampai nanyain ke temen laki-laki saya. Tau gak, pemain bola yang julukannya itu? Ya kan, siapa tau ternyata pemain bola itu emang ada dan akhirnya dimaskkan ke cerita. Nah, bapaknya Dam bilang kalau dulu, pemain sepakbola itu temen bapaknya.

Gak cuma itu, bapaknya juga cerita tentang penduduk yang naik layang-layang besar. Trus tentang apel emas. Dan yang paling menyentuh dan bikin gereget, kisah di akhir, tentang Danau Para Sufi.

Nah, trus pas udah gede, Dam dimasukkin bapaknya ke Akademi Gajah yang ..
kece parah. Andai ada sekolah kayak gitu. Eh, tapi tapi, justru di Akademi Gajah itulah, Dam mulai meragukan cerita bapaknya. Masalahnya, dia pernah lita di perpustakaan (yang dijaga sama petugas-perpustakaan-paling-kece) ada buku berisi kisah tentang desa yang penduduknya bisa naik di layang-layang dan kisah-kisah lain yang pernah bapak Dam ceritakan. Soalnya, bisa jadi, kan, kalau ternyata bapaknya cerita begitu karena terinspirasi dari kisah-kisah itu, dengan mengganti tokohnya doang. Bisa jadi bapaknya ceritain itu biar bikin Dam terkesan. Bisa jadi, kan?

Nah, alur di buku ini maju-mundur. Ada bab yang menceritakan masa lalu Dam. Tentang kisah-kisah bapaknya. Lalu di masa sekarang, ketika bapaknya sering ceritain kisah yang sama kepada anak-anak Dam yang malah bikin Dam kesel.

Dan akhirnya, di ending, ada kejutan dari Tere Liye. Saya gak mau bocorin endingnya. Gak rame dong, ya. Mending baca/pinjem bukunya aja. Rame banget. Apalagi tentang kisha Danau Para Sufi. Harus. Baca.

Oke, segitu dulu aja. Makasih buat yang udah nyempetin baca. ;)

Komentar

Postingan Populer