how was my national exam?

Beberapa dari kalian mungkin tau, kalau saya baru aja selesai ikut Ujian Nasional SMP.

Yeah, I'm still young and cute.

Dan kalau kalian gak ada kerjaan nyari-nyari soal UN SMP, mungkin kalian bakal nemuin salah satu artikel yang ngomong kalau UN SMP Matematika itu susah.

And it was right.

Menyedihkannya, kalau anak-anak Indonesia galau sama MTK, saya galau sama semua pelajaran. Hari pertama adalah Bahasa Indonesia. Well, soalnya mendingan UN dibandingkan pra-UN. Di sini, saya bener-bener gak tau arti kata sanitasi. Saya sering denger itu di buku-buku PLH. Dan pas saya liat KBBI arti kata sanitasi, mau ketawa rasanya.

Jawaban saya salah.

Hari kedua, Matematika. Biasanya saya yang jam setengah 9 udah beres banyak soal, seketika panik pas liat MTK belum setengahnya. Saya berusaha begitu keras (lel, ini alay). Saya kerjain semuanya dengan semangat dan panik yang menjadi satu. Pukul 9, ada beberapa yang belum terisi. Saya ulangi menghitung cepat dari nomor 1 sampai akhir. Dari beberapa soal yang belum saya kerjakan, saya mengisi sekitar 3/4 nya. Lalu di nomor terakhir, barulah saya hitung kancing pakai bismillah karena otak saya udah nge-blank sejak pertama kali liat soal itu.

nge-blank at the first sight.

apasi.

Saya stres sendiri. Saya liatin temen-temen saya sambil bertanya-tanya dalam hati, "Apa cuma saya yang ngerasa MTK susah?". Akhirnya pandangan saya bertemu dengan temen di sebelah saya. Wajahnya meringis, menunjukkan tampang ngenes yang sama balas dengan tampang yang sama pula.

"Susah .." ucapnya tanpa suara.

Saya hanya terkekeh masam. Lalu kembali menatap soal. Soal pra-UN bahkan rasanya lebih mudah dan simpel dibandingkan dengan soal UN.

Setelah selesai, kami semua keluar ruangan. Seperti biasa, saya diskusi sama temen-temen saya tentang soal yang tadi. Waktu lagi asyik diskusi, tiba-tiba aja saya kaget pas ada suara orang nangis nanya ke salah satu temen saya. Ternyata (sebut saja) Kuya. Dia adalah cewek pinter yang selalu rangking satu di kelas saya. Matanya merah. Dia duduk di lantai dengan pipi bekas air mata.

"Ya Allah, yang rangking 1 aja nangis, matematika saya apa kabar."

Selain dia, teman yang tadi di sebelah saya saat ujian juga menangis. Beberapa orang lainnya adapula yang menangis. Saya jadi dilema sendiri. Rasanya gak afdol kalo saya gak nangis juga. Tapi ... saya emang gak pengen nangis, sih. Jadi akhirnya saya diam aja waktu itu.

Hari ketiga, adalah Bahasa Inggris. It's a little difficult, i think. But my twin found it was really easy (yEA,  I HAVE TWIN GUYS). Jadilah saya cuma bisa berdoa agar dapat nilai terbaik.

Hari terakhir, adalah IPA. Malam sebelum ujian, saya ngegalau gak karuan. Saya fine sama fisika. Cuma biologi dan kimia itu, lho ... Biologi apalagi. Mau nangis rasanya. Alih-alih belajar, saya malah ngegalau semaleman. Dan pas subuh, saya baru belajar tentang otak karena saya seketika lupa sama materi itu. Saya juga hafalin warna-warna asam dan basa kalau diuji coba pake yang selain lakmus (contohnya, ekstrak bunga sepatu).

Pas ujian, kimia saya fine. Fisika ... saya fine, cuma ada yang saya gak ngerti. Saya ngerasa gak ada jawaban dari soal itu. Soalnya soal stopwatch.



Oke. Berhenti ngomong itu ada jawabannya. Coz bisa aja pilihannya beda (efek gatel pada ngomong itu ada jawabannya).



Temen saya, soalnya sama kayak saya. Sama persis. Pilihannya yang beda. Itu soalnya jadi .. stopwatch kan, lingkarannya ada 2 gitu. Yang kecil nunjuk angka 25. Yang besar nunjuk angka 25 pula. Ditanya, berapa detik hasilnya?

Saya hitung, kan. 25 x 60 ditambah 25 hasilnya 1525. Pilihan di soal saya:

a. 290
b. 310
c. 490
d. 610

HELOW.

Saya aral di sana.

Hft.

Kalian sama soalnya? Mari kita diskusi. Siapa tau saya sok banget di atas bilang kalo itu gak ada jawabannya.

-cukup sampai di sini fisikanya-

Biologi ... lumayan. Gak se-ngegalauin yang saya pikir. Cuma saya bingung di salah satu soal. Biasanya yang ditanyain pembuluh vena atau arteri. Soal saya nanyainnya pembuluh kapiler. Saya yang mungkin kurang persiapan ngamuk sendiri dalam hati.

"PEMBULUH KAPILER APAAN WOY."

Akhirnya saya jawab asal.

Karena saya bener-bener gak tau.

Setelah selesai, orang tua saya ngajakin saya pergi ke Pangandaran. Dan saya yang badmood cuma bisa diem. Seketika gak enak sama orang tua. UN saya 'apakabar' (moga aja bagus, aamiin), eh, ngabisin uang buat liburan ke Pangandaran. Ngabisin uang buat les sana-sini.

Mau nangis saya.

Merasa bersalah saya.

Baiklah, kita skip sebelum saya menjadi lebih galau.

Tidak, kita tidak men-skip nya. KIta akan mengakhirinya. Karena saya gak tau apa lagi yang harus diucapkan.

SO, buat temen-temen yang baru selesai UN SMP, bisa dums diskusi bareng wkwk. Eh, itupun kalo saya inget jawabannya xD

Sekian. Semoga post ini ada manfaatnya--yang gak tau apa. Ya, bisa aja supaya kalian yang mau UN SMP taun depan, biar lebih siap.

Wassalamu'alaikum wr.wb!

;)

Komentar

Postingan Populer