Sekolah Mungil Penuh Cerita

Haha apabanget judulnya.
*ekhem.

Assalamu'alaikum!

Holaaa orang-orang! Postingan kali ini, saya gak bakal bahas tentang wattpad--yang sekarang sudah banyak perubahan jadi tour wattpad saya kemaren sudah kurang berguna sosad. Mungkin kapan-kapan bakalan saya bikin. Kalau banyak waktu luang dan laptop bisa dimonopoli sesuka hati.

Ini juga nulis setelah baca I [Never] Give Up On You (cerita wattpad karya nauraini yang KECE ABIS HARUS BACA), saya memutuskan buat ngisi blog ini dengan curhatan. Siapatau ada yang gak sengaja baca terus tertarik trus taunya jodoh *apalah.

Kali ini saya bakal cerita tentang sekolah saya. Sekolah mungil di pelosok yang kalau saya sebut nama itu ke teman LIA, langsung pada Itu dimana?//Di Ujungberung//Hah? Dimana?//Di deket alun-alun Ujungberung(yang sekarang udah bagus)//Gatau//Yawdala.

Saya sekolah di SMPN 8 Bandung. FYI, kakak saya juga alumni sana. Waktu daftar ke sana  itu rasanya dag dig dug hatiku. Apalagi pas passing grade semakin luar biasa nilainya, saya seketika jadi pesimis. Belum lagi kakak saya yang rese, Gak bakal masuk sia Ca ... Gak bakal masuk ...//Berisik.

to be honest, saya gak terlalu mikirin SMP waktu itu. Ke 50 juga jadi aja. Cuma gara-gara saya malu diledekin kakak yang bisa masuk 8 sementara saya enggak, akhirnya saya jadi rada was-was juga sama passing grade.

Dan akhirnya ... alhamdulillah banget saya masuk ke sana. Cihuy ulala gimana gitu. Pas disuruh masuk pertama kali, saya lagi sakit *huee. Akhirnya pas kedua kalinya pertemuan, saya masuk dan Mama nganterin coz saya gak tau apa-apa.

Akhirnya Pak Adang dengan baik hati ngasih tau dimana calon temen-temen saya. Kelompok Diponegoro. Saya langsung berhambur ke sana dan berdiri di barisan paling belakang. Dan ketemulah saya sama anak jangkung yang cantik--kalo sekarang males banget ngakuin dia cantik.

"Kelasnya dimana?" tanyaku.
"Di situ," jawabnya sambil menunjuk.

Saya nanya lagi karena gak ngerti dan takut salah kelas kan tengsin bro. Mungkin karena kasihan melihat otak saya yang lemot, akhirnya dia nawarin saya buat nganterin. (Duh, baiknya dirimu dulu, Dzak).

Jadi ... namanya Dzakira. Seorang anak labschool (akselerasi) yang jangkung dan gak banyak tingkah kayak saya waktu di SD dulu. Saking banyak tingkahnya, akhirnya saya berniat ingin menjadi anak pendiam misterius di SMP (saya gabisa bayangin kalo temen-temen saya baca ini. Pendiem ndasmu//Seengaknya ada niat lah).

Pas masuk kelas, ada guru masuk. Gurunya ... saya lupa namanya (yaampun jahat sekali). Kalo gak salah sih, Bu Tia, guru Bahasa Inggris. Orangnya baiiiiik dan lembut banget kalau ngomong. Sampai akhirnya tiba-tiba anak OSIS datang dan bilang kalau kelompok saya salah kelas. Ya, waktu itu kita menempati ruang kelas 7F.

Akhirnya pindah, deh, ke kelas 7G. Kelas paling pojok, paling gelap, dan katanya sih paling angker. Usut punya usut, katanya sekolah saya bekas rumah sakit. Dan kelas 7G adalah kamar jenazahnya. Sayang seribu sayang, beberapa bulan setelah itu saya baru menyadari bahwa mitos itu ada dimana-mana. Sampai di pos di MCI (yang baru saja cari di google dan gadapet. haak). Dulu sih percaya-percaya aja. Tapi masa iya sih, semua sekolah kayak gitu? Gak kebayang saya berapa banyak rumah sakit zaman dahulu jikalau tiap sekolah bekas rumah sakit.

Yasudah. Lupakan.



Ngomong-ngomong, wali kelas saya di 7G ternyata guru Bahasa Inggris juga. Namanya Bu Euis Siti dan ibunya MODIS GILAAA. Bajunya matching dari ujung jilbab sampai ujung sepatu. Jalannya anggun skaleh. Mantep, lah.

Karena saya gak hadir di pertemuan pertama, tau-tau yang jadi KM itu Azka. Anak labschool yang meraih gelar anak termuda 7G *apalah. Kalau si Dzakira itu kelahiran 2002, dia 2003. Kurang keren apa coba? Waktu pelajaran Bahasa Indonesia sama Pak Adang, semua anak ditanyain satu-satu nama dan asal sekolahnya. Dan ketika tau Azka dan Dzakira sama-sama dari labschool ...

"Labschool? Lab? Tapi kok beda gini, ya. Yang itu gemuk"--nunjuk Azka--"Yang ini kurus. Wah berarti kamu ini mah gagal percobaan." (saya lupa secara detailnya gimana, karena itu udah 2 tahun yang lalu, tapi intinya gitu).

Dan akhirnya satu kelas tertawa.

*

Sekarang beralih ke ekskul. Saya sendiri sempet bingung mau milih ekskul apaan. Mama saya bilang, yang cocok buat saya mah, KRM (rohis). Tapi mendengar itu seketika saya mendadak sayu. Di rumah ngaji, di masjid ngaji, di sekolah pun ngaji. Hayati lelah *jangan ditiru. I mean, saya pengen sesuatu yang beda.

Akhirnya, karena pramuka di SD saya rame banget, saya masukin pramuka sebagai pilihan ekskul 1, dan KRM--coz temen saya banyak yang milih ini--sebagai pilihan ekskul 2.

Semoga aja betah di pramuka. Males ke KRM, batinku saat itu.

Sampai akhirnya, datangnya acara perdana KRM dalam menyambut para anggota baru. Waktu mau ikutan, saya skeptis. Masalahnya KRM ekskul pilihan ke-2. Tapi temen-temen saya banyak yang ikut. Yawdala.

Saya pikir acaranya bakal ngumpul, ngaji, materi dan segala hal yang sudah sering saya lakukan selama ini. Rasanya ngemalesin juga, sih. Tapi tetaplah saya datang. Trus taunya, kita dibagi kelompok. Saya jadi bingung ini ada apaan bagi kelompok segala? Trus tiba-tiba kita main game pos-pos-an di mesjid.

It felt like ...

ASDFGHJKLJAZSBXDEWNXMSANCDXNS

Saya kaget.

K a g e t .

Yang ekspektasi saya awalnya bakal hal-hal yang biasa dilakuin di pengajian, taunya jauh berbeda. JAUH BEDA BANGET! Semacam lo masuk ke rumah dan bukannya ketemu Mama, malah ketemu Kim Jongdae lagi duduk dan senyum bikin lutut lemas *apalah perumpamaan ini.

Tapi serius deh, saya kaget banget. Apalagi acara pos-pos-annya yang seru banget dan menguras tenaga. Belum lagi pidato *ceila* dari Teh Sarah tentang alumni-alumi KRM yang sukses di luar sana. Masuk ITB lah (sekalipun saya ga minat teknik), masuk SMA 3 lah (sekalipun saya minder saya kemampuan otak saya). Tapi bener-bener bikin saya tertarik banget sama KRM.

Selang beberapa hari setelah acara perdana itu, anak-anak pramuka dipanggil ke Kopsis (koperasi siswa) entah buat apa. Saya akhirnya ke sana dan mendapati Kang Edi tengah melihat anak-anak yang sibuk tanda tangan di sebuah kertas. Sampai tibalah giliran saya.

"Namanya siapa?"
"Fauziah Salsabila."
"Oh, kamu jarang masuk, ya? Gak pernah masuk pramuka."

Saya mengerutkan kening. Lha dapet info aja kagak, batinku sedikit kesel. Akhirnya saya cuma cengengesan. Dan pas balik ke kelas, saya bilang ke Pira--yang daftar pramuka juga--kalau saya mau keluar. Habis gimana yakk, hatiku sudah nyantol sama KRM *ciee.

*

Beralih ke peristiwa memalukan. Saya tau aneh rasanya ngebeberin peristiwa memalukan ke orang-orang. Tapi yawdala. Sekaligus berbagi pengalaman dan pelajaran.

Jadi waktu lagi hujan. Dan saya bingung harus ke kelas gimana (waktu itu posisi di masjid habis shalat entah ashar entah dzuhur). Akhirnya saya dan teman-teman berlari melewati lapangan. Karena saya takut kehujanan, saya lari kenceng (fyi di SD saya selalu nomor 1 kalo lari di antara para cewek lain *ekhem). Begonya, saya gak ngerem pas udah nyampe lantai. Saya terus lari dan ...

Gbuuk!

Jatuh terpeleset. Teman-teman di sekitar saya langsung tertawa. Sakitnya sih, gak seberapa. Malunya itu lho ... Belum lagi di deket situ ada banyak kakak kelas (yang teriak ke Kak Irza [ketos] kalo ada yang kepeleset). Belum lagi ada anak kelas 7H yang bukannya nolongin malah sibuk teriak, "Woy ada yang kepeleset" ke temen-temen sekelasnya sambil tertawa.

Asem.

Asem lo semua.

Sampai masuk kelas, temen-temen saya masih tertawa. Tertawa di atas penderitaan saya. Syafira yang merasa gak enak liat muka saya (yang mungkin sudah tak berbentuk *apalah), akhirnya ngomong, "Aku tadi gak ketawa ya, Cau" sambil mulutnya menutup nahan ketawa.

Tertawalah sepuasmu, Sayang. Aku rapopo.

Buat temen-temen, kalau lagi hujan, larinya harus di rem sebelum sampai lantai. Kecuali kalo mau modus ditolongin ketos ganteng *HAHAHAHAHA.

--fyi saya bangun sendiri. Tak ada yang menolong--

Tapi peristiwa memalukan itu selalu ada hikmahnya. Mungkin itu bisa jadi sesuatu yang gak bisa dilupakan. Anggap saja suka-duka semasa SMP.

*

Yah, itu baru awal-awal. Selebihnya saya bagi nanti per postingan biar lebih enak. Siapa tau ada yang tertarik baca (hohoho).

Sampai di sini dulu postingan saya. See ya! du not miss mi.

Wassalamu'alaikum ^^

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer