Cara Membuat Akun Wattpad dan Edit Profil

Assalamu'alaikum!

Hola orang-orang! Gimana kabarnya? Kali ini, saya bakal bahas tentang cara bikin akun wattpad. Berhubung tur wattpad waktu itu udah banyak banget perbedaan sama wattpad yang sekarang ini. Di postingan kali ini, saya bakal bahas khusus tentang cara bikin akun wattpad dan mengedit profil dulu. Buat cara bikin cerita, dan penjelasan-penjelasan lainnya mungkin menyusul.

Sebelumnya, buat temen-temen yang belum tau, wattpad itu semacam komunitas menulis. Dimana, para penggunanya bisa nge-share cerita mereka. Itu definisi yang saya cari di internet. Tapi menurut saya sendiri yaaa itu semacam website buat nulis dan baca cerita secara cuma-cuma.

Di Wattpad, kita bisa nge-share cerita dan pakai cover buku sendiri. Trus juga bisa tambahin sinopsis. Bisa follow orang-orang. Bisa baca cerita orang lain. Bisa bikin library sendiri. Nge-vote, komentar, ngededikasiin sebuah cerita buat seseorang, masukin gambar/video, ngasih semacam ... orang yang meranin tokoh di cerita (misalkan, Alex Pettyfer sebagai Arif), dan masih banyak lagi. Wattpad juga tampilannya enak banget menurut saya.

Oke, langsung mulai aja~


Cara Membuat Akun Wattpad

Bikin akun baru itu sebenernya sama-sama aja kayak biasanya. Buka websitenya (wattpad.com), trus isi data-data yang diperlukan di sana.


Setelah itu, klik Mulai Membaca dan kalian bakalan langsung masuk ke akun kalian. Buat nge aktifin akunnya, kalian buka e-mail kalian (JADI PAKE E-MAIL YANG INGET PASSWORD-NYA YAA), trus nanti ada pesan dari wattpad.
Klik pesannya:
Klik 'Aktifkan Akun', dan nanti kalian bakal masuk langsung ke profil.

Buat edit profil, kalian bisa klik "edit profil" di sebelah kanan.
Tinggal isi-isi aja. Lokasi, biodata, situs (blog kalian), nama, dan foto profil. Sebenernya bisa ubah latar juga, di gambar di atas gak keliatan tulisan buat ubah latarnya. Oh iya, lokasi, biodata, situs, nama, foto profil, foto latar itu opsional. Boleh diisi boleh juga enggak.

Setelah selesai di edit, klik simpan perubahan dan liat hasilnya:
Buat yang mau makin mempercantik profilnya, kita bisa tambahin reading list, biar yang abu-abu di atas itu gak kosong lagi. Caranya gimana? Klik buat daftar bacaan. Nanti kalian kasih nama buat reading list ini. Kalo diliat dari temen-temen saya di wattpad, biasanya nama reading list-nya suka nama buah (Cherry, Apple, dll) atau misalkan Sprinkles. Nama yang lucu-lucu gitu deh, pokoknya. Profil saya sendiri, saya males pake yang gitu-gitu. Jadi yaudah, langsung aja "Faucau's Reading List", paling ditambahin "Inggris" buat beberapa cerita bahasa Inggris.

Buat profil si Ucul ini (:v), saya bikin reading list pernama namanya U. Entar C, entar U(2), entar L :v waks. /apasi

Nah, setelah bikin reading list, kalian bisa nyari cerita yang bakal dimasukin ke daftar ini.


Berhubung waktu itu (sampai sekarang, sih) saya lagi tergila-gila sama si April Hale yang ketjeh badai halilintar ulala ini, akhirnya saya pakai dia buat jadi contoh. Kita klik ceritanya.


Lalu klik "Daftar Saya"

Di situ, kita bisa pilih mau dimasukin di mana. Ucul's Reading List, apa reading list yang tadi udah dibuat, U. Jadi, nanti kalo misalkan kalian bikin banyak reading list, bisa pilih cerita ini mau dimasukin ke yang ini atau yang lainnya.

Setelah itu, kita balik lagi ke profil kita.
Jadi, deh.

*
*
*
*

Oke, segitu dulu, ya. Buat selanjutnya, mungkin bakalan bahas buat cerita dan hal-hal menarik di dalamnya (masukin foto, video, dll). Tapi mungkin bakalan apdet rada lama, coz waktu saya yang gak banyak, dan materi nanti bakalan banyak sepertinya.

Oh iya, saya bukan pengguna hape android. Di hape saya, baru ada wattpad bulan-bulan kemarin. Dan tampilannya bener-bener membuat saya frustasi :'''' Gerakannya masih belum enak. Jadi untuk sekarang, saya cuma bisa ngasih tau cara wattad versi website x-x.

Btw, buat yang mau kenalan bisa mampir ke profil wattpad saya (wkwkwk), namanya @faucau

Wassalamu'alaikum wr.wb ;)

Komentar

  1. Min gue gak bisa ganti foto profil di wattpad

    BalasHapus
  2. Gue min gue gak bisa ganti nama pengguna. Itu gmna yaa? Nama pngguna gue masih pake nama alay gue di fb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih, aku juga ngalami masalah yang sama N sampai sekarang masih belum tau cara ngatasinnya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer